Senin, 06 April 2015

Mulai Mpasi dengan Bismillah...

Hey Mommies..
Udah dari bulan kemarin pengen bgt posting Mpasi Khansa tp kerjaan sono sini bikin tulisan ini gak kelar-kelar.
Jadi gini loh, sebenarnya Khansa di tgl 12 Feb kemarin udah 6 bulan, tapi saya & suami setelah browsing & tanya-tanya sana sini akhirnya memutuskan buat mulai Mpasi tgl 1 Febuari. Kenapa?bukannya Mpasi sebelum 6 bln gak boleh krn pencernaan bayi yg mungkin belum siap. Alasannya ituh :
1. Dari beberapa minggu sebelumnya, setiap orang makan, Khansa fokus bgt ngeliatin. Biar kata digodain kaya apaan juga tetep aja gak bergeming dia. Kalo disuapin langsung nganga dah mulutnya. Yang saya tau, ini salah satu indikasi bayi siap makan
2. Hampir tiap malam, Khansa tidurnya gelisah banget. Bentar-bentar bangun, bentar-bentar nangis. Bisa 1/2 jam sekali bangun yg bikin bundanya cuma tidur beberapa jam & sukses bangun pagi dengan eye shadow item dibawah mata. Hello mata panda....
3. Bunda, ayah,nenek, aunty & omnya gak tega tiap liat Khansa yg kepo setiap liat org makan. Beberapa kali jg saya liat Khansa nelen ludah. So, atas dasar ini saya akhirnya mutusin buat Mpasi awal. Bismillah...
Dari H-1 bln sebelum mpasi saya udah beli buku "Mpasi Perdana Cihuy", harganya Rp 42.500 di bukukafe.com, udah browsing-browsing juga mana yg boleh & ngga boleh sampe akhirnya bikin menu mpasi khansa selama 1 bln.


Ini buku ngebantu bgt buat saya, saya rekomen deh buat ibu-ibu baru yg mau mpasi babynya.
Dibuku ini dijelasin juga apa-apa aja yang boleh & gak boleh dikasih ke baby kita. Cuma saya sedikit bingung sih, karena terlalu semangat mau mpasi khansa, tiap hari saya cari info yg berhubungan dgn mpasi dr intenet. Makin banyak informasi, makin bingunglah saya
WHO nyaranin mpasi bisa dimulai dari sereal & buah-buahan, & mereka juga saranin diawal mpasi bayi udah boleh dikasih protein hewani di 6 bln pertama. Sementara di sumber lain bilang diumur 6 bln pertama, bayi blm boleh dikasih protein hewani krn lebih sulit dicerna. Dibuku  Mpasi Perdana Cihuy sendiri dijelasin protein hewani boleh dikasih di minggu keempat diumur 6 bulan.
Saya sih akhirnya ikut saran para mommies dr Mpasi Perdana Cihuy ajah krn para mommies ini kan udah pengalaman yah, mrk udah pernah ngejalanin mpasi buat anak-anak mereka.

Mpasi 6 bulan
Minggu I
Setelah pertimbangan sono sini, akhirnya saya kasih mpasi perdana khansa buah alpukat.
Dibeli lah tuh alpukat mentega dr Total buah yg harga satu bijinya lumayan. Udah pede Khansa makannya bakal hap hap hap dikasi alpukat + ASI. Teksturnya saya bikin cair, mneyerupai asi tp agak kental dikit.
Pas disuapin, bibirnya ngerenyit, trus dilepeh dikit. Saya tambahin lagi deh ASI fresh from the oven hihi...
Suapan kedua, gak mau juga. cuma diicip dikit asinya
Suapan ketiga, buang muka
Suapan keempat nunduk & sembunyiin muka
Udah tuh, saya berhenti dulu, becandain, ajak ngobrol, nyanyi-nyanyi
Suapan ke lima mingkem
Ywdh lah akhirnya saya berhenti
Kesimpulannya, Khansa gak doyan alpukat.
Kebetulan saya udah siap pisang. Cari pisang ambon/ pisang kepok yg katanya bagus buat bayi gak ada, di Total cuma ada pisang cavendish. akhirnya siangnya saya kasih pisan+asi.
Hasilnya...
samaaaa...gak mau juga
Sedih deh..mana saya kasih campuran asinya banyak lagi. Kebuang dong asinya hiks..
Sampe besoknya saya masih kasih pisang, biarpun cuma sesuap dua suap, yang penting mau. Toh mpasi ini kan buat pembelajaran baby & bundanya kan..so tetep semangat aja
Hari ketiga, saya coba kasih tepung gasol. Saya juga udah siapin tepung gasol beras merah wangi & beras coklat. Di hari ketiga ini saya kasih bubur beras merah wangi + asi, dgn tekstur masih sama
Ternyata Khansa doyan. mamamnya hap-hap. Dua sendok makan abis dilahap khansa.Alhamdulillah..suenengggg bgt. Udah mulai hilang kekhawatiran saya Khansa bakal kekurangan gizi krn gak mau makan.lebayyy hehe...
 So, 2 hr berikutnya  Khansa tetep saya kasih bubur beras merah wangi + asi sebanyak 1-2 sendok makan. Sehari saya kasih dua kali
Tiga hari berikutnya saya kasih puree apel kukus+asi, puree pir+asi, puree labu parang kukus +asi, puree kabocha kukus & beras coklat. Selama 3 minggu pertama menu tsb saya combine dgn beras merah wangi/ beras coklat/ dicampur asi, dengan aturan 1 jenis makanan untuk 3 hari pertama.
Di minggu ini baru ketauan Khansa alergi beras coklat, pubnya sampe 4 kali. Jadi si beras coklat saya skip dulu deh
Minggu ke 3
Diminggu ke 3 saya mulai kenalin protein hewani dari kaldu ayam & daging. Kaldunya aja loh moms..
Di akhir minggu ke tiga, hari Sabtu & minggu saya mulai masak pakai slow cooker. 
Menunya Bubur Beras Putih + kaldu ayam + puree Labu siam kcl, sekali makan 1-2 sendok makan
Ini untuk makan siang, sarapannya puree apel kukus+asi
Khansa sih doyan & gak ada tanda-tanda alergi, pubnya lancar, sehari 1-2 kali

Minggu ke 4
Saya mulai kasih protein hewani, menunya :
Bubur Beras Putih + puree ayam  + wortel + kaldu
Bubur Beras Putih + puree ayam  + labusiam kecil + kaldu atau
Bubur Beras Putih + puree ayam  + labu parang/kabocha + kaldu
Menu ini khansa doyan bgt, krn supaya gurih kaldunya saya banyakin

6 bulan pertama suksesssss yeayyy...
Next di 7 bulan, menunya mesti beragam nih. Karena saya ikut aturan 1 jenis makanan untuk 3 hari pertama, jadi agak terbatas pilihan makannya. Di 7 bln ini saya mpasi khansa bisa lebih variatif.
Nah, di minggu pertama hari kedua, saya kasih menu Kentang  + kaldu+ daging
Salahnya saya, kentang & daging belum saya coba sebelumnya, dua makanan ini varian baru buat khansa.
Hari pertama dikasih msh gak pa2, pub lancar, gak ada bintik merah, tapi sorenya kok khansa rewel bgt. Gak biasanya bgtu krn Khansa typical anak yg anteng. Tambah malem, makin rewel, maunya digendong terus.Bgitu sampai jam 10 mlm Khansa bangun & saya pikir krn lapar, nenen saya kosong krn dinenenin terus, saya ksh sufor sekitar 60 ml biar anteng. Udah dikasih saya tidurin, gak lama Khansa muntah & keluar dari hidung, Khansa gak bisa nangis krn gak bisa napas & sedikit kejang
Panik dong saya & suami.Sambil mewek, saya miringin badannya supaya muntahannya keluar dari mulut. Gak lama Khansa mulai nangis, muntahnya udah gak keluar, saya gendong, saya peluk sembari nangis.
Gak lama muntah lagi tapi dari mulut. Sampai lima kali muntah, & Khansa udah lemes, akhirnya saya kasih tau org  rumah buat minta dianterin ke rs
Ya Allah, saya panik luar biasa & takut Khansa kenapa-kenapa..
Sampe di rs sekitar jam stgh 12 malem, dihandle dokter umum. Si bu dokter gak jelasin kenapa Khansa bisa muntah2 gitu & gak nanya2 juga. Saya jelasin panjang lebar, saya tanya ini itu, akhirnya saya yg berkesimpulan sendiri, ini mungkin krn kentang & daging.
Entah krn Khansa belum siap makan daging rebus,atau makan kentang, atau krn cara saya ngolah makannanya yg gak bener.
Sumpah, saya ngerasa bersalah bgt, saya ngerasa kurang perhatiin makanan Khansa. Maafin bunda ya sayanggg...
Ini bukan kali pertama Khansa muntah2 gitu.Dulu waktu msh 1 blnan juga pernah muntah susu yg keluar dr hidung. Malah sempet kejang juga.

So, kesimpulannya adalah:
1. Mommies, please, belajar dr kesalahan saya, ikuti aturan 1 jenis makanan 3 hari. Or at least 1 jenis makanan 2 hari.Ini jgn ditawar-tawar yah.
2. Jangan pernah lupa cuci tangan, selalu pakai wadah higienis yg disteam/direbus bentar pakai air panas, cuci sebersih2nya makanan baby anda. Kalo saya sekarang sayur & buah mentah sebelum dikupas saya cuci, setelah dikupas saya cuci lagi.
3. Teliti moms, selalu pantau reaksi alergi baby anda. Kalo mommies kerja, pantau baby sitter/org yg ngurus baby mommies dirumah. Tanya udah pub/belum, ada bintik merah/belum.
4. reaksi alergi ini bisa berubah dlm waktu 1 bln kedepan loh moms. Kaya Khansa awalnya agak sembelit, 1 hari gak pub pas dikasih beras merah. Tapi saya pas saya combine beras merah+ buah pubnya lancar, paling ngga 1 kali pub dlm sehari. Saya ksh beras coklat jadinya pub terus.Sebulan kedepan saya kasih beras coklat, pubnya lancar.Jadi reaksi alergi bisa berubah ya moms
5. Ikuti aturan apa yg boleh & tidak boleh buat baby mommies. Kaya di buku Mpasi Perdana Cihuy, dikasih info berupa tabel yg isinya jenis makanan yg boleh dikonsumsi bayi sesuai umur
6. Perhatiin tekstur jg ya moms, kayanya saya tekstur kentang kukus yg saya kasih terlalu padet, sedangkan pencernaan Khansa blm siap.

Segitu aja sharing saya tentang MPASI, nanti saya pgn bgt sharing resep mpasi yg sehat, aman & enak buat bayi. Tetep semangatttttttt...

 







 









































































































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar