Selasa, 04 November 2014

Tentang BPJS

Postingan ini diawali dgn info dari teman kantor. Teman saya ini dapat broadcast BBM yg isinya bilang kalau per Desember 2014 siapa saja yg mau urus perpanjangan SIM, STNK, paspor, Sertifikat tanah & IMB harus nunjukin kartu BPJS. Saya kebetulan lagi ditugasin bos buat urus BPJS Ketenagakerjaan & BPJS Kesehatan dikantor & mulai ngumpulin data+syarat-syarat daftar BPJS.
Denger broadcast kaya gitu, mulailah saya kejarin data-data yg belum lengkap sembari searching diinternet tentang pengalaman orang-orang yg udah ngerasain pakai fasilitas kesehatan BPJS di rumah sakit.
Jujur dari awal si bos nyuruh saya urus bpjs, saya agak malas. Bukannya mau ngebantah perintah si bos, bukan juga ga mau bantu temen-temen kantor buat dapat fasilitas kesehatan di RS, tapi sebelumnya saya sempet baca curhat salah satu tim medis di internet perihal pengalamannnya handle pasien bpjs yg bacanya bikin miris. Mulai dari antrian yg panjang, dokter yg periksa asal-asalan, sampai dijutekin adm rsnya.
Teman kantor suami saya belum lama ini juga daftar peserta bpjs mandiri, dia bayar 59rb perbulan yg katanya dapat fasilitas kelas I buat istrinya yg punya penyakit di perut.
Si teman ini cerita pengalamannya ke salah satu rs buat cek istrinya. Dia antri dari pagi & sore baru dapet nomor antrian yg kesekian ratus. Pas mau ketemu dokternya, eh udah lewat jam prakteknya dokter katanya.
Alhasil si teman suami saya marah-marah & gak jadi check up istrinya. Saya yg awalnya niat buat daftarin bapak mertua bpjs kelas I jadi rada-rada ragu.

Itu cuma sekelumit cerita minusnuya bpjs, banyak cerita-cerita lain saya baca dari milis-milis, blog sampai dari koran. Pas searching lagi, saya ketemu cerita ini
Duh, kok makin ngeri yaaa...
Terlepas dari minusnya BPJS ini, memang banyak pihak yg terbantu juga, terutama menengah kebawah yg dapat fasilitas gratis kartu BPJS. Di rumah saya, masyarakat menengah udah dapet kartu BPJS gratis premi tiap bulan. Yg gratis ini dapat fasilitasnya kelas III. paling ngga mereka yg dapat fasilitas gratis bpjs ini bisa berobat ke klinik/ rs tanpa perlu mikirin biaya.
Kebayang ga sih kalau lagi sakit tapi mesti ngantri berjam-jam, trus pas udah ketemu dokternya malah dikasih layanannya ga maksimal. Udah sakit makin sakit kali yaaa..
Saya sieh gak mau pukul rata semua rs & tenaga medis kaya yg dicurhatin orang-orang, mudah-mudah sie ga kaya gitu semua yaa...
Tapi kyanya kalo kartu BPJS kesehatan saya udah jadi, saya masih harus mikir-mikir lagi deh apalagi kalau melahirkan pake bpjs, masih ngeri pelayanannya gak maksimal..Tapi premi yg dibayarin kantor sayang doonggg
 Well, mudah-mudahan sie bapak-bapak & Ibu-ibu pemerintah mulai perbaikin pelayanan bpjs di klinik & rs ya. Toh program ini kan tujuan awalnya mulia ya, buat ngebantu masyarakat, terutama yg kurang mampu supaya bisa berobat pas sakit. Tapi kalo sampai semua orang mesti punya BPJS buat ngurus urusan kya sim,stnk dll tanpa ada perbaikan pelayanan mah kayanya pemaksaan ya moms hihi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar