Minggu, 16 November 2014

Ayo, Imunisasi...



Moms, hari Sabtu kemarin Khansa imunisasi di klinik Fakhira. Nah, saya mau review nih sama segala sesuatu yang berkaitan sama imunisasi. Awalnya, saya & suami sempet bingung buat ikutin Khansa imunisasi yg diwajibin pemerintah apa yg dianjurkan IDAI?
Sesuai dengan program organisasi kesehatan dunia WHO (Badan Kesehatan Dunia), pemerintah mewajibkan lima jenis imunisasi bagi anak-anak yaitu BCG, Hepatitis B, Polio, DTP & Campak. Kegunaan dari masing-masing vaksin bisa dilihat disini
Sedangkan yg dianjurin sm IDAI, vaksinnya lebih banyak moms, 5 vaksin diatas ditambah vaksin Hib, Pneumokokus (PCV), Influenza, MMR, Tifoid, Hepatitis A, dan Varisela. Buat lebih jelasnya, ini tabel imunisasi IDAI

 http://idai.or.id/wp-content/uploads/2014/04/Jadwal-Imunisasi-IDAI-2014.jpg.png

Pertimbangan saya & suami, terutama sayaaaa...makin banyak vaksin, makin sering Khansa diencus. Ga tega rasanya tiap kali liat Khansa nangis & ngejerit abis disuntik. Pertimbangan kedua, banyak isu yg beredar kalau beberapa vaksin diatas ada efek sampingnya, kaya MMR yg bisa menyebabkan autis.
Pertimbangan ketiga,biaya. Yes, bukannya itung-itungan buat anak yaa..Tapi vaksin diatas emang harganya lumayan moms, estimasi biaya yg keluarkan dibarengi sama vaksin wajib. Nah, yg wajib ini saya ambil yg gak bikin panas anak makanya harganya lumayan muahal moms. Tanya-tanya ke 2 kakak saya, anak mereka cuma ikut imunisasi yg di wajibin pemerintah& anak-anak mereka sehat-sehat aja tuh
Setelah dipikir-pikir, direnungi, & didiskusiin bareng suami, akhirnya kita sepakat ikut yg dianjurin IDAI. Biarlah Khansa sakit sebentar & ngeluarin uang lumayan diawal, insya Allah kedepannya Khansa bisa lebih sehat & kebal sama penyakit-penyakit itu. nah, sekalian nih say review dokter anak & jadwal imunisasi Khansa yg udah dijalanin.

0 Bulan

Khansa di imunisasi Hepatitis B di Rs Tambak, tempat saya lahiran sehari sebelum pulang dari RS. Dokter yg tanganin namanya dr.Erlin. Ibu dokter ini masih muda, cantik & ramah banget. Waktu pgn diencus, saya & suami dipanggil & disuruh liat. Eh, saya gak berani liat loh moms & keluar ruangan malah sampe nangis diluar & cuma bisa denger tangisannya aja hiks... Rasanya ga tegaaa bgt, baby yg msh kecil gitu digituin. Maklum lah baru pertama kali hehe..
Review sedikit ttg RS Tambak, ini rs emang oke bgt moms, susternya ramah, dokternya ramah, dan rsnya tuh bersiihhhh bgt termasuk toiletnya. Nanti saya sempetin deh cerita pengalaman saya melahirkan disini.
Well, harusnya baby baru lahir kan diksh imunisasi polio ya, nah waktu baru pulang untuuunggg aja mba suster cek lagi, Khansa udh imunisasi polio apa blm. Ternyata khansa blm dksh imun polio, padahal posisi waktu itu udah didepan pintu keluar loh.Kok bisa kecolongan yaaa...tapi gak pa2, semuanya ketutup sama bagusnya pelayanan di rs ini. Saya sampai dianter sampai masuk mobil sama mba susternya loh. 2 minggu setelah lahiran saya check up Khansa ke dr erlin lagi, alhamdulillah Khansa sehat. Dipertemuan kedua ini saya banyak nanya sama ibu dokter, & beliau jelasin semua yg saya tanya sejelas-jelasnya.


1 Bulan

Imunisasi ke dua diumur 1 bln, imunisasi Hepatitis B. Saya putusin buat imun di Klinik Fakhira aja. Kenapa ga di RS tambak?bukannya ga bagus,bknnya ga puas kmrn lahiran disana, tapi cuma satu alasannya, mahal hehe...Waktu check up Khansa, biaya konsultasi 200rb moms, blm lagi kalo imunisasi. Setau saya, harga imunisasi di rs itu beda-beda. Yah, biarpun bedanya puluhan ribu tapi kan lumayan ya moms. Di Fakhira saya ketemu dr. Anisa, Sp.A. Ibu dokter ini juga ramah, saya juga banyak tanya sama si ibu dokter & beliau jelasinnya panjang lebar sampe yg gak saya tanya dijelasin juga.Biaya yg dikeluarin :

adm:          Rp   6.000,-
konsultasi:  Rp 90.000,-
tindakan:    Rp 100rb an
Total sekitar 200rb an

2 Bulan

Saya sempet ketar ketir nih imun Khansa di umur 3 bln. Vaksinnya bnyk bgt, berasa kasian bgt sama khansa krn saya pikir Khansa hrs 4/ 5 kali suntik. Ternyata ngga bu ibuuu...Totalnya 3 kali suntik which is 1 suntikan BCG, 1 suntikan vaksin Polio-DTP-HIB, 1 suntik PCV & Rotavirus ditetes. Kalo saya ambil semua vaksin ini, total biaya yg dikeluarkan sekitar1,5 juta sajah! Selain gak tega krn 3 kali suntik & cukup nyesek juga kalo hrs ngeluarin uang segitu, akhirnya si vaksin PCV yg hrgnya 700rb saja ini diambil bulan depan. Jadilah Khansa disuntik 2 kali + dikasih obat tetes Rotavirus. Abis disuntik, Khansa sediiihhhh bgt nangisnya. Bener2 gak tega deh. abis disuntik, langsung saya peluk & kecup-kecup. Total yg dikeluarin sekitar 800rban, dgn biaya adm & konsul yg sama, ditambah Rotavirus yg harganya 135rb & vaksin Polio-DTP-HIB harganya 500 rban. untuk vaksin Polio-DTP-HIB saya ambil yg combo & gak bikin panas

3 Bulan

Yang ini baru sabtu kemarin imun, lanjutin jadwal di bulan sebelumnya. Seperti biasa, Khansa nangisnya sedih bgt pas disuntik.Di jadwal kali ini saya ga nunggu antrian lama krn pasiennya ga banyak, gak kaya di bln sebelumnya. Biaya yg dikeluarin 796rb ibu-ibu.. Yah, alamat emaknya gak bisa belanja OL lah ini hehe..

Kesimpulannya, keputusan buat imunisasi yg dianjurin pemerintah/ IDAI itu keputusan mommies smua. Kalau secara materi sanggup, lebih baik ikutin aja semua vaksinnya. Trus kan katanya kalo vaksin yg mahal itu gak bikin panas yaaa..Khansa sie tetep aja, abis imun badannya panas dgn suhu berkisar 37,5. Tapi setiap abis imun, malamnya khansa boboknya lelap bgt. Mungkin ada obaat tidurnya atau gimana kali ya. Oh iya, abis vaksin Hepatitis B diumur 1 bln, itu malam pertama Khansa bobok nyenyak yg bikin emak bapaknya bisa senyum lebar dipagi hari. Sebelumnya, khansa bisa setiap jam (atau bahkan krg) bangun malem hari.
Segitu aja sie reviewnya...
Mudah2an kamu msh kuat di ncus-ncus ya nak..dan ayah bundanya juga msh kuat ngeluarin duitnya setiap bulan. Amiennnnn....













Tidak ada komentar:

Posting Komentar